Selasa, 21 Desember 2010

Membuat Globe dengan UV Mapping (Blender)

Blender adalah suatu program aplikasi Open-source yang terintegrasi yang memungkinkan pembuatan berbagai content 2D dan 3D. Blender memberikan sebuah fasilitas yang luas tentang modelling, pencahayaan, animasi dan processing video. Arsitekturnya terbuka, cross platform, extensive, dan workflownya terintegrasi. Blender juga merupakan salah satu aplikasi 3d graphics terpopuler.

UV Mapping merupakan suatu alat/tools yang disediakan Blender sebagai pemodelan 3D, yakni membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D, kita bisa membuat sebuah globe ataupun bentul lain yang dengan cara sederhana bisa menghasilkan obyek 3 Dimensi yang mengagumkan. Kali ini saya akan mencoba menjabarkan sedikit contoh project yang dapat dihasilkan dengan mengenalkan salah satu fitur yang ada dalam Blender, yaitu UV Mapping untuk membuat sebuah Globe. Metode UV Mapping ini menggunakan gambar 2 Dimensi untuk menutupi area model 3 Dimensi.

Setelah kita jalankan aplikasi Blender nya, buatlah new project. Setiap project baru pada Blender aka nada sebuah defaultnya dengan 3D Cube, tetapi kita tidak memerlukan Cube ini dalam project ini. Setelah kita berada di Object Mode dengan cubenya pada kursor. Pilih delete pada keyboard untuk menghapus Cube dan pilih Erase selected object. Maka Cube akan terhapus.

Kemudian tekan Specebar pada keyboard, dan pilih ADD --> Mesh --> UVSphere untuk memunculakan sebuah bulatan menggantikan Cube yang kita hapus sebelumnya.

Akan muncul menu pilihan pada Add UV Sphere





Ubah settingannya seperti gambar diatas, akan lebih baik dalam penggunaan gambar nantinya.

Agar project lebih mudah dilihat, kita split screen untuk memudahkan melihat object dan melihat berbagai fungsi/aplikasi dalam Blendernya.







Langkah selanjutnya, kita akan mulai membuat gambarnya.

Pilih Window Type pada kiri menu. Kemudian pilih UV Image Editor pada menu pop-up.

Lalu pilih gambar yang akan dimasukkan ke project. Buka dan browse gambar yang akan kita tempelkan ke object bulatan/sphere. Untuk project ini, akan dikgunakan sebuah gambar peta dunia untuk ditempelkan ke object 3D.









Setelah itu, pada Viewport Shading button, pilih Textured. Maka object sphere bulatan yang kita buat tadi, akan berwarna gelap.

Kemudian untuk menempelkan gambarnya ke object 3D, tekan U key untuk UV Calculation, Unwrap, the select Sphere from View. Pada gambar sebelah kiri menunjukan perhitungan Blender dari sphere unwrapped.









Langkah selanjutnya yang penting adalah me-rendering gambar.

Pastikan object sphere telah selected, klik pada tab Material, pilih Add New. Akan membuat tekstur baru pada map image. Kemudian pilih TextFace button. Ini akan membuat UV image untuk rendered view.

Tekan F12 untuk merender gambarnya. Tapi project kita belum selesai, karena tampilan bumi yang kita buat masih bisa dibilang belum sempurna.

Tekan F9 untuk membuka Editing features. Pilih modifier tab, dan pilih Subsurf dari pop-up window.

Maka akan keluar menu tab baru. Ganti Level dan Render Level menjadi 3, dan tinggalkan yang lainnya sebagai default (jangan diubah-ubah).

Tekan F12 lagi untuk merender.

Selesai jadilah Bumi.









Sumber :

wikipedia.org

blendermagz.org

members.shaw.ca

0 komentar:

Posting Komentar