Jumat, 04 Maret 2011

Programmer & Composer Game

Programmer

Game programmer adalah seorang ilmuwan, insinyur, komputer programmer atau basis kode pengembang perangkat lunak terutama untuk permainan video atau perangkat lunak terkait seperti pengembangan video game. Game pemrograman memiliki banyak disiplin khusus. Seorang game programmer tidak harus bingung dengan desainer game, yang bekerja pada desain permainan. Karena nantinya tugas meraka akan terbagi meskipun tetap terintregrasi satu sama lainnya.

Sebuah permainan komputer modern dapat mencakup fisika canggih, kecerdasan buatan, grafis 3D, suara digital, musical asli, strategi yang kompleks dan dapat menggunakan perangkat input multiple (seperti mouse, keyboards, joystick dll) dan dapat dimainkan melawan orang lain melalui Internet atau LAN. Setiap aspek dari permainan ini bisa memakan waktu seorang programmer. Beberapa programmer mungkin memiliki spesialisasi dalam satu bidang pemrograman saja, tetapi banyak yang menguasai dengan beberapa aspek juga. Jumlah programmer yang diperlukan untuk setiap fitur akan tergantung pada kemampuan si programmer, tetapi sebagian besar ditentukan oleh jenis permainan yang dikembangkan.

Beberapa aspek dalam game programmer :

- Game engine programmer

- Physics engine programmer

- Graphics engine programmer

- Artificial intelligence programmer

- Sound programmer

- Gameplay programmer

- Scripter

- UI programmer

- Input programmer

- Network programmer

- Game tools programmer

- Porting programmer

- Technology programmer

- Generalist

- Lead game programmer

Secara khusus, ada banyak game programmer tidak memiliki pendidikan formal dibidangnya, dimulai dari hobi dan berkembang menciptakan program mereka sendiri, untuk bersenang-senang, dan akhirnya berhasil karena bakat dan pengalaman mereka.

Composer

Dalam sebuah game tentunya tidak menarik jika tidak bersuara. Bayangkan anada bermain game sunyi senyap tanpa ada suara yang menyertainya. Disinilah tugas composer game dalam mengisi suara pada game.

Merka berkerja dalam bagian sound pada game. Mulai dari suara latar pada game, efek kejadian pada game, seperti ledakan dan lainnya, sampai suara karakter-karakter yang terdapat pada game. Sehingga membuat game lebih teras hidup bagi yang memainkannya.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_designer

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game_music

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_artist


0 komentar:

Posting Komentar