Minggu, 06 November 2011

Server-Side Scripting

Server-side scripting merupakan web server teknologi di mana permintaan pengguna terpenuhi dengan menjalankan script langsung pada server web untuk menghasilkan halaman web dinamis. Hal ini biasanya digunakan untuk menyediakan situs web interaktif yang interface untuk database atau data lainnya di toko. Ini berbeda dengan client-side scripting dimana script dijalankan oleh web browser, biasanya dalam JavaScript. Keuntungan utama untuk server-side scripting adalah kemampuan untuk menyesuaikan sangat respon berdasarkan kebutuhan pengguna, hak akses, atau query ke dalam menyimpan data.

Ketika server melayani data yang digunakan secara umum, misalnya sesuai dengan HTTP atau FTP protokol , pengguna mungkin memiliki pilihan mereka sejumlah program klien (web browser paling modern dapat meminta dan menerima data menggunakan baik dari orang protokol). Dalam kasus aplikasi khusus lebih, programer dapat menulis server mereka sendiri, klien, dan protokol komunikasi, yang hanya dapat digunakan dengan satu sama lain.

Program yang dijalankan pada komputer lokal pengguna tanpa pernah mengirim atau menerima data melalui jaringan klien tidak dianggap, sehingga operasi program tersebut tidak akan dianggap operasi client-side.

Pada hari-hari sebelumnya dari web, server-side scripting hampir seluruhnya dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari C program, Perl script dan skrip shell menggunakan Common Gateway Interface (CGI). Mereka skrip dieksekusi oleh sistem operasi , mnemonic coding dan hasilnya hanya dilayani kembali oleh server web. Saat ini, ini dan lain on line scripting bahasa-seperti ASP dan PHP sering dapat dieksekusi langsung oleh server web itu sendiri atau oleh modul ekstensi (misalnya mod_perl atau php mod ) ke web server. Salah satu bentuk scripting (yaitu, CGI atau eksekusi langsung) dapat digunakan untuk membangun situs multi-halaman kompleks, tetapi langsung eksekusi biasanya menghasilkan overhead yang lebih rendah karena kurangnya panggilan ke interpreter eksternal.

Kesimpulannya, Server-Side Scripting adalah scrip yang dieksekusi pada web server. Biasa digunakan untuk website dinamis yang menggunakan databaseatau media penyimpanan data lainnya.

Website yang dinamis juga kadang-kadang didukung oleh server aplikasi custom web, misalnya Python “Base HTTP Server” perpustakaan, meskipun beberapa mungkin tidak menganggap ini sebagai server-side scripting.

Salah satu bahasa server side scripting yang paling populer adalah bahasa PHP. Dan akan saya ulas pada posting selanjutnya.


Sumber :

http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:HEmZ5Aeh_LkJ:www.candrautama.com/web/sites/default/files/Pertemuan_3_-_Pengenalan_Server_Side_Scripting.pdf

http://en.wikipedia.org/wiki/Server-side_scripting

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai server, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2302/1/02-01-003-Implementasi%5BSimamora%5D.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Balas

Posting Komentar