- Extractlah file eclipse hasil download dan jalankan file eclipse.exe dalam folder eclipse
- Selanjutnya kita akan membuat sebuah Hello World project untuk mengetahui apakah eclipse telah dapat mendeteksi compiler MinGW yg telah diinstal.
- Setelah itu kita buat project baru dengan menekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project
- Isikan nama project pada Project Name, lalu pilih Project Type dengan Hello World C++ Project, uncheck pilihan show project types and toolchains… lalu pada bagian Toolchains pilih MinGW
- kemudian klik finish.
- Jika berhasil maka pada bagian Project Explorer akan muncul sebuah hirarki
- Tekan ctrl+F11, maka pada bagian console akan muncul output
- Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
- Ulangi langkah 9, lalu pada langkah berikutnya pilih Empty Project dengan Toolchains MinGW.
- Lalu klik project yang dibuat pada langkah 13, pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter maka Properties akan terbuka.
- Arahkan kebagian C/C++ Build à Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.
- Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
DEBUG | RELEASE |
Preprocessor | |
Defined Symbols (-D): WIN32 _WINDOWS _DEBUG | Defined Symbols (-D): WIN32 _WINDOWS NDEBUG |
Directories | |
Include Paths (-l): "${OGRE_HOME}\include" "${OGRE_HOME}\samples\include" Beserta kutip “ | Include Paths (-l): "${OGRE_HOME}\include" "${OGRE_HOME}\samples\include" Beserta kutip “ |
Miscellaneous | |
Bag. Other flags : -c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident | Bag. Other flags : -c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident |
Mash pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
DEBUG | RELEASE |
Libraries | |
Libraries (-l): OgreMain_d OIS_d | Libraries (-l): OgreMain OIS |
Library search path (-L): "${OGRE_HOME}\bin\debug" Beserta kutip “ | Library search path (-L): "${OGRE_HOME}\bin\release" Beserta kutip “ |
Miscellaneous | |
Bag. Other Options (-Xlinker[option]): --enable-auto-image-base --add-stdcall-alias | Bag. Other Options (-Xlinker[option]): --enable-auto-image-base --add-stdcall-alias |
#include "ExampleApplication.h"
class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
BelajarOgre(){
}
~BelajarOgre(){
}
protected:
void createScene(void){
//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen
mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));
//Entity ad objek yg bs dirender discene
Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh");
SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode");
//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot
node1->attachObject(ent1);
}
};
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include "windows.h"
INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
//bikin objek aplikasi
BelajarOgre app;
try {
app.go();
} catch (Exception e) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);
#else
fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what());
#endif
}
return 0;
}
Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg maka isinya sbb :
# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=../../../Media/packs/OgreCore.zip
# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=../../../Media
FileSystem=../../../Media/fonts
FileSystem=../../../Media/materials/programs
FileSystem=../../../Media/materials/scripts
FileSystem=../../../Media/materials/textures
FileSystem=../../../Media/models
FileSystem=../../../Media/overlays
FileSystem=../../../Media/particle
FileSystem=../../../Media/gui
FileSystem=../../../Media/DeferredShadingMedia
Zip=../../../Media/packs/cubemap.zip
Zip=../../../Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=../../../Media/packs/dragon.zip
Zip=../../../Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=../../../Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=../../../Media/packs/skybox.zip
Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK anda dalam hal ini isi resource.cfg milik saya menjadi :
# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\OgreCore.zip
# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\fonts
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\programs
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\scripts
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\textures
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\models
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\overlays
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\particle
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\gui
FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\DeferredShadingMedia
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemap.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemapsJS.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\dragon.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\fresneldemo.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\ogretestmap.zip
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\skybox.zip
Savelah file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release, misalkan milk saya 3d-programming\Tutor1\Release.
Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe, Kemudian pilih OK.Selesai.
0 komentar:
Posting Komentar