Jumat, 08 April 2011

Implementasi OGRE pada Eclipse

  1. Extractlah file eclipse hasil download dan jalankan file eclipse.exe dalam folder eclipse
  2. Selanjutnya kita akan membuat sebuah Hello World project untuk mengetahui apakah eclipse telah dapat mendeteksi compiler MinGW yg telah diinstal.
  3. Setelah itu kita buat project baru dengan menekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project
  4. Isikan nama project pada Project Name, lalu pilih Project Type dengan Hello World C++ Project, uncheck pilihan show project types and toolchains… lalu pada bagian Toolchains pilih MinGW
  5. kemudian klik finish.
  6. Jika berhasil maka pada bagian Project Explorer akan muncul sebuah hirarki
  7. Tekan ctrl+F11, maka pada bagian console akan muncul output
  8. Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
  9. Ulangi langkah 9, lalu pada langkah berikutnya pilih Empty Project dengan Toolchains MinGW.
  10. Lalu klik project yang dibuat pada langkah 13, pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter maka Properties akan terbuka.
  11. Arahkan kebagian C/C++ Build à Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.
  12. Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.

DEBUG

RELEASE

Preprocessor

Defined Symbols (-D):

WIN32

_WINDOWS

_DEBUG

Defined Symbols (-D):

WIN32

_WINDOWS

NDEBUG

Directories

Include Paths (-l):

"${OGRE_HOME}\include"

"${OGRE_HOME}\samples\include"

Beserta kutip “

Include Paths (-l):

"${OGRE_HOME}\include"

"${OGRE_HOME}\samples\include"

Beserta kutip “

Miscellaneous

Bag. Other flags :

-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident

Bag. Other flags :

-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident


Mash pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.

DEBUG

RELEASE

Libraries

Libraries (-l):

OgreMain_d

OIS_d

Libraries (-l):

OgreMain

OIS

Library search path (-L):

"${OGRE_HOME}\bin\debug"

Beserta kutip “

Library search path (-L):

"${OGRE_HOME}\bin\release"

Beserta kutip “

Miscellaneous

Bag. Other Options (-Xlinker[option]):

--enable-auto-image-base

--add-stdcall-alias

Bag. Other Options (-Xlinker[option]):

--enable-auto-image-base

--add-stdcall-alias



#include "ExampleApplication.h"

class BelajarOgre : public ExampleApplication {

public:

BelajarOgre(){

}

~BelajarOgre(){

}

protected:

void createScene(void){

//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen

mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));

//Entity ad objek yg bs dirender discene

Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh");

SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode");

//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot

node1->attachObject(ent1);

}

};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

#define WIN32_LEAN_AND_MEAN

#include "windows.h"

INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)

#else

int main(int argc, char **argv)

#endif

{

//bikin objek aplikasi

BelajarOgre app;

try {

app.go();

} catch (Exception e) {

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);

#else

fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what());

#endif

}

return 0;

}

Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg maka isinya sbb :

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path

# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework

[Bootstrap]

Zip=../../../Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path

[General]

FileSystem=../../../Media

FileSystem=../../../Media/fonts

FileSystem=../../../Media/materials/programs

FileSystem=../../../Media/materials/scripts

FileSystem=../../../Media/materials/textures

FileSystem=../../../Media/models

FileSystem=../../../Media/overlays

FileSystem=../../../Media/particle

FileSystem=../../../Media/gui

FileSystem=../../../Media/DeferredShadingMedia

Zip=../../../Media/packs/cubemap.zip

Zip=../../../Media/packs/cubemapsJS.zip

Zip=../../../Media/packs/dragon.zip

Zip=../../../Media/packs/fresneldemo.zip

Zip=../../../Media/packs/ogretestmap.zip

Zip=../../../Media/packs/skybox.zip

Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK anda dalam hal ini isi resource.cfg milik saya menjadi :

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path

# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework

[Bootstrap]

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path

[General]

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\fonts

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\programs

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\scripts

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\materials\textures

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\models

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\overlays

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\particle

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\gui

FileSystem=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\Media\DeferredShadingMedia

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemap.zip

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\cubemapsJS.zip

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\dragon.zip

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\fresneldemo.zip

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\ogretestmap.zip

Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\skybox.zip

Savelah file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release, misalkan milk saya 3d-programming\Tutor1\Release.

Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe, Kemudian pilih OK.
Selesai.



0 komentar:

Posting Komentar