Jumat, 04 Maret 2011

Aspek-aspek Dalam Pembuatan Game

Video Game merupakan permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Kata "video" pada "permainan video" pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah "video game", kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

Dalam pembuatan sebuah game terdapat beberapa aspek penting dalam pengerjaannya. Adalah Programmer, composer, designer, dan artist (karakter) yang bertanggung jawab dalam pembentukan suatu game. Masing-masing mempunyai kontribusi penting disetiap aspeknya. Disini saya akan coba menjabarkan sedikit tentang masing-masing bidang tersebut.

Programmer akan berkerja dalam mengintegrasikan semua aspek kedalam suatu program kerja, sehingga semua aspek dapat berkerja bersama dalam menciptakan suatu game. Di dalam game tersebut nantinya akan terdapat design cerita, alur permaianan, tokoh yang disini Game Designer memegang peranan. Kemudian sebuah game yang baik tentunya akan mempunyai suara yang sesuai dengan kejadian di game tersebut. Seperti efek, music, dan lain-lain. Hal seperti ini diatur oleh Game Composer. Kemudian dari para tohoh tersebut, pada game 3D maka tokoh tersebut memerlukan artist sebagai modelnya. Artist yang yang akan memerankan bagaimana tohoh tersebut bergerak, seperti berlari, berjalan, dan seterusnya.

Maka bila semua aspek tersebut terdapat dalam sebuah game, game tersebut dapat dikatakan sebagai game yang baik.

1 komentar:

alpinwonk mengatakan...

makasih buanyak om

Posting Komentar